Friday, September 25, 2015

Kepadatan Penduduk di Jakarta
A.Latar Belakang
Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota diIndonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di Tatar Pasundan, bagian barat laut Pulau Jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527 1619), Batavia/Batauia, atau Jaccatra (1619-1942),Jakarta Tokubetsu Shi (1942-1945) dan Djakarta (1945-1972). Di dunia internasional Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding New York City (Big Apple) di Indonesia.
Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah metropolitan Jakarta (Jabotabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.
Sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor sekretariatASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Soekarno–Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma, serta satu pelabuhan laut di Tanjung Priok.




B. Analisa
Faktor Yang Mempengaruhi Kepadatan Penduduk di Jakarta :
Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia .Jakarta juga sering disebut kotametropolitan  karena dipenuhi oleh pendatang yang berjuang untuk mencari nafkah dikota yang dulunya namanya batavia. Selain itu pusat bisnis, pusat politik, pusat kebudayaan dan pusat pemerintahan, menjadi alasan mengapa DKI Jakarta disebut sebagai daerah metropolitan. Ada banyak hal lagi yang menjadi penyebab terjadinya kepadatan penduduk di daerah DKI Jakarta, diantaranya :
1. Perpindahan penduduk
Hal ini merupakan faktor yang sangat besar dalam perkembangan penduduk di daerah DKI Jakarta, tidak heran mengapa Jakarta dipenuhi oleh orang – orang dari luar Jakarta, seperti pulau Jawa,Sumatera, Sulawesi, bahkan daerah Timur Indonesia sekalipun, seperti Mauluku dan Papua. Sering kali perpindahan ini terjadi disaat arus balik mudik, yang biasanya terjadi saat hari Raya Lebaran. Banyak alasan mengapa mereka jauh – jauh datang dari luar pulau untuk tinggal menetap di daerah Jakarta. Seperti : Lapangan pekerjaan, yang sebagian orang menggatakan bahwa peluang kerja di Jakarta sangat besar. Hal ini tentu sangat menambah jumlah penduduk diaerah DKI Jakarta, selain itu faktor lain adalah Pendidikan. Ya, Di Jakarta banyak anak – anak datang untuk mencari Ilmu sebanyak – banyak, mulai dari SD, SMP, SMA / SMK, dan Perguruan Tinggi.
2. Angka Kelahiran dan Kematian
Di Daerah DKI Jakarta, angka kelahiran sangat berbeda jauh dengan angka kematian. Kebanyakan, wanita di daerah DKI Jakarta menikah diusia muda, kurang lebih saat mereka berusia diatas 20 tahun. Hal tersebut memicu timbulnya angka kelahiran lebih cepat. Selain itu faktor kelahiran juga dipicu oleh anggapan masyarakat mengenai, banyak anak banyak rejeki. Padahal hal ini sangat merugikan sebahagian orang yang memiliki ekonomi kurang mampu, mereka harus menghidupi anak mereka dengan ekonomi terbatas.
 Dampak Kepadatan Penduduk :
Dampak Kepadatan Penduduk yang terjadi di Jakarta, di antaranya adalah :
1. Ketersediaan Pangan
Manusia sebagai mahkluk hidup  membutuhan makanan. Dengan bertambahnya jumlah  populasi manusia atau penduduk, maka  jumlah kebutuhan makanan yang diperlukan juga semakin banyak. Pertumbuhan penduduk yang  tidak diimbangi dengan peningkatan  produksi  pangan dapat menyebabkan kekurangan makanan. Ketidakseimbangan  antara bertambahnya  penduduk   dengan bertambahnya   produksi pangan sangat mempengaruhi kualitas hidup manusia. Akibatnya, penduduk dapat kekurangan gizi, sehingga menyebabkan daya tahan tubuh seseorang rendah dan mudah terkena penyakit.
2. Ketersediaan Perumahan/ Pemukiman dan Lahan Pertanian
Peningkatan populasi manusia atau meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan tingkat kepadatan  semakin tinggi. Di sisi lain, luas tanah atau lahan tidak bertambah. Kepadatan penduduk dapat mengakibatkan tanah pertanian semakin berkurang karena digunakan untuk pemukiman penduduk.
3. Ketersediaan Air Bersih/ Lingkungan Bersih
Pertambahn penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan air bersih. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun. Pertambahan penduduk juga menyebabkan makin meningkatnya limbah rumah tangga, dan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.
4. Pendidikan
Tingkat pendidikan menurun dan biaya pendidikan meningkat. Banyaknya orangtua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya dikarenakan kepadatan populasi dan menyulitkan dia untuk bekerja menafkahi keluarganya.

5. Lapangan Pekerjaan
Pertambahan penduduk dapat mengurangi lapangan kerja karena persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sulit sehingga jumlah pengangguran semakin bertambah.
6. Keamanan/ Kriminalitas
Kepadatan penduduk dapat meningkatkan angka kriminalitas karena pengangguran semakin banyak. Karena tidak tersedianya pekerjaan bagi semua orang ini membuat banyak orang yang pengangguran nekat melakukan tindak kriminal.
Cara Mengatasi kepadatan penduduk :
1. Mencanangkan Program Keluarga Berencana untuk mengatasi mebludaknya penduduk di DKI    Jakarta.
2. Menciptakan Lapangan Pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan mengatasi kemiskinan
3. Mengurangi Perpindahan penduduk dari Daerah ke DKI Jakarta
4. Menambah Jalur Alternatif seperti Busway untuk mencegah terjadinya kemacetan
5. Menerapkan usia kendaraan yang layak beroperasi khusunya bagi Angkutan Umum.
6. Menambah Jalur Khusus untuk Roda 2 dan Roda 4 agar kemacetan dapat dikurangi.
C. Kesimpulan
Dari uraian yang saya buat diatas dapat disimpulkan bahwa kepadatan penduduk di Jakarta disebabkan oleh perpindahan penduduk dari luar jakarta yang menganggap bahwa di Jakarta tersedia banyak lapangan kerja daripada daerah asal mereka, faktor pendidikan juga mempengaruhi para pelajar dan mahasiswa ke Jakarta karena kualitas pendidikan yang lebih baik. Karena kepadatan penduduk itu pula menyebabkan beberapa masalah yang harus segera diselesaikan dengan beberapa solusi yang mungkin bisa mengatasi kepadatan penduduk di Jakarta
D. KritikDanSaran

Demikian artikel yang saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada saran dan kritik yang ingin di sampaikan, silahkan sampaikan kepada saya.
Apabila ada terdapat kesalahan mohon dapat mema'afkan dan memakluminya, karena saya adalah hamba Allah yang tak luput dari salah khilaf  dan lupa.
E. Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta
https://erzamuhtisulistya.wordpress.com/2013/11/11/kepadatan-penduduk-di-jakarta/
https://wikishare27.wordpress.com/kepadatan-penduduk-di-dki-jakarta-cara-mengatasinya/

No comments:

Post a Comment